Mesin Amplas

Posted on
3.3/5 - (7 votes)

jangkasorong.co.id –Mesin Amplas tradisional merupakan sebuah alat amplas yang digunakan memiliki wujud sebuah lembaran yang disebut kertas ampelas (sandpaper). Akan tetapi, seiring dengan perkembangan dan kemajuan teknologi, maka diciptakanlah ampelas elektrik yang membuat proses pengerjaan jadi jauh lebih mudah dan cepat. Dengan begitu, pekerjaan amplas pun dapat diselesaikan dengan lebih efisien, baik dari segi waktu maupun tenaga.

Artikel hari ini berisi informasi tentang Mesin Amplas: Pengertian, Fungsi, Jenis, Serta Cara Kerjanya

Yuk Kita Simak Bersama……

Pengertian Mesin Amplas

Mesin Amplas merupakan suatu alat yang digunakan untuk menghaluskan permukaan sebuah kayu dengan memanfaatkaan gesekan.  Dengan adanya daya untuk menghaluskan permukaan dengan gesekan dengan amplas. Alat ini memiliki media untuk memasang amplas dan mekanisme untuk menggerakkan dengan cepat dalam suatu rangka untuk dipegang dengan tangan atau dipasang pada meja kerja.

Fungsi Mesin Amplas

Adapun beberapa fungsi mesin amplas antara lain sebagai berikut:

  • Dapat  menghaluskan permukaan dengan cara gesekan dengan amplas ( kertas pasir) baik itu permukaan kayu ataupun besi
  • Sebagai alat untuk menghemat waktu dan tenaga saat melakukan proses pengamplasan.
  • Dapat mengupas cat dalam proses refinishing sehingga hasilnya akan lebih bagus, bahkan terlihat mengkilap sehingga hasil pengecatannya terlihat lebih mewah.
  • Dapat menghaluskan permukaan yang luas dengan sangat cepat dibandingkan menggunakan amplas secara manual.

Jenis-Jenis Mesin Amplas

Berikut adalah beberapa jenis-jenis mesin amplas antara lain sebagai berkut:

1. Mesin Amplas Sabuk

Mesin Amplas Sabuk merupakan sebuah alat yang memiliki bagian amplas yang diregangkan pada penggulung, sehingga dapat menangani pekerjaan besar dengan cepat. Mesin amplas ini bagus untuk mengerjakan bagian atas meja, pintu, menghilangkan cat lama dan mengamplas tepi lantai kayu. Tetapi alat ini tak cocok untuk perabotan atau pekerjaan yang membutuhkan hasil akhir mengkilap. Ukuran dari sabuk dinyatakan dalam lebar dan keliling. Pada umumnya sabuk yang lebih luas berarti dapat menyelesaikan pekerjaan lebih cepat. Kecepatan sabuk terlihat pada permukaan dalam satuan kaki per menit dan antara 900 sampai 1.600. Semakin tinggi kecepatan maka akan semakin cepat mesin amplas bekerja. Beberapa mesin amplas sabuk dapat dipasang pada meja kerja untuk mempermudah penggunaan. Mesin amplas sabuk ini cenderung lebih mahal dibandingkan mesin amplas pemoles. Bobot dari alat ini antara 2,5 kg sampai 10 kg.

2. Mesin Amplas Orbital atau Mesin Amplas Pemoles

Mesin Amplas Orbital merupakan jenis mesin amplas yang memberikan hasil akhir mulus pada area yang datar dan lebar. Alat ini juga bagus untuk memuluskan plester, cat atau pernis. Pelat alasnya hadir dalam berbagai ukuran berbeda dan bergerak dengan gerakan melingkar yang cepat dan kencang.

3. Mesin Amplas Orbital Acak

Mesin Amplas Orbital Acak merupakan sebuah alat yang memiliki piringan amplas berputar melingkar dan bagus untuk memberikan permukaan yang bebas goresan. Perangkat ini juga bisa digunakan pada lengkungan lembut. Alat tersebut menggabungkan kecepatan mesin amplas sabuk dengan kemulusan mesin amplas orbital.

4. Mesin Amplas Belt Sander (Amplas Putar Getar)

Mesin Amplas Belt Sander merupakn mesin amplas yang mempunyai material abrasif amplas dari rangkaian drum roll berukuran kecil dengan track sehingga materialnya dapat bergulir mengikuti alur lintasan persegi panjang. Nah, Belt Sader biasanya digunakan untuk mengamplas abrasif yang kasar. Bahkan, jenis mesin amplas yang satu ini juga cocok digunakan untuk menghilangkan bekas cat di tembok, menghaluskan permukaan kayu, dan mengasah material dan furniture metal. Ketika Anda menggunakan belt Sander maka gunakan bidang yang permukaannya sempit agar tidak menggores bagian disekitarnya.

5. Mesin Amplas Orbital Sander

Mesin Amplas Orbital Sander merupakan mesin amplas yang mempunyai sistem kerja dengan getaran yang naik turun. Cara menggunakannya yaitu dengan meletakkan lembaran abrasif dengan dijepit pada papan orbital untuk bergerak meratakan permukaan tembok dan kayu. Nah, orbital Sander sendiri sudah mempunyai papan yang bentuknya persegi dan persegi panjang. Jenis mesin yang satu ini cocok digunakan untuk mengamplas atau menghaluskan sudut-sudut kayu/papan, mengamplas dempul yang sudah mengeras dan pernis atau cat yang sudah mengering.. Bahkan, jenis mesin amplas yang satu ini dapat membantu proses finishing untuk pemasangan material abrasif yang cukup sulit.

6. Mesin Amplas Random Orbital Sander

Mesin Amplas Random Orbital Sander merupakan sebuahmesin yang berbentuk bulat yang dikenal sebagai tipe mesin amplas standar sehingga dapat digunakan dengan mudah oleh pemula. Dengan demikian jenis material yang akan diamplas juga harus berbentuk papan bulat untuk direkatkan ke mesin menggunakan bahan velcro. Nah, mesin amplas yang satu ini dapat digerakkan dengan mudah untuk menghaluskan kayu, logam, dan tembok. Bahkan, mesinnya juga dapat digunakan untuk memoles mobil dengan mata poles dari serat polypropylene.

7. Mesin Amplas Palm Sander

Mesin Amplas Palm sander merupakan jenis mesin amplas yang memiliki bentuk kotak pada bagian bawah, yaitu alat pengamplasannya berbentuk kotak kecil. Bagian amplasnya ini dapat bergerak maju dan mundur atau ke kanan dan ke kiri tergantung dari pengaturannya.

8. Mesin Amplas Drum Sander

Mesin Amplas Drum Sander merupakan tipe yang dilengkapi dengan fitur drum yang berfungsi untuk menempatkan sabuk amplas. Mesin drum sander ini bisa digunakan untuk menghaluskan bagian-bagian produk papan kayu yang datar, terlebih untuk benda-benda kayu yang berukuran kecil dan kompleks. Ketika digunakan untuk menghaluskan objek-objek kecil atau benda dengan permukannya yang melengkung, drum harus diganti dengan fitur pad lentur.

9. Mesin Amplas Mouse Sander

Mesin Amplas Mouse Sander merupakan mesin amplas yang sangatlah ringkas. Mesin ini mampu menjangkau ruang-ruang yang sempit, karena memiliki pegangan tiga posisi untuk keserbagunaan saat digunakan untuk bekerja. Pegangan 3 posisi tersebut memudahkan pengguna untuk mengkontrtolnya pada berbagai pengaplikasiannya. Selain itu, mesin ini memiliki sistem pengumpulan debu yang baik sehingga membantu menjaga ruang kerja tetap bersih.

Cara Kerja Mesin Amplas

  • Pertama, silahkan Anda menentukan jenis mesin amplas sander yang akan digunakan sesuai dengan yang dibutuhkan mulai dari belt sander, orbital sander dan random orbital sander. Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa medan kerjanya sudah memadai seperti daya listrik, penggunaan kabel atau nirkabel.
  • Setelah itu, lanjutkan dengan menentukan jenis material abrasif yang dipasang pada mesin sander sesuai dengan pengerjaan objek kerjanya agar tidak memakan waktu terlalu lama sehingga tidak merusak permukaan benda.
  • Kemudian, Anda harus memastikan mesin dengan posisi off saat menggunakan pemasangan material abrasif.
  • Lanjutkan dengan memasang material abrasif ke mesin sander. Jika semua komponen sudah terpasang maka pastikan semua komponennya sudah terkunci dengan posisi benar.
  • Setelah itu, mesin amplas Sander sudah dapat digunakan.

Prinsip kerja mesin amplas yang digunakan untuk pengerjaan kayu sangat sederhana. Ini disebut pengamplasan dengan menggunakan bahan atau partikel abrasif yang sangat kasar. Hal ini dilakukan untuk menghaluskan tepi kasar kayu dan bahan balok. Sebagian besar pemilik rumah lebih menyukai metode ini saat mengampelas kayu halus. Jenis pengamplasan populer lainnya disebut sebagai pengamplasan daya. Metode ini melibatkan pemaksaan drum dengan pasir dan bahan abrasif silindris ke bawah permukaan balok. Wajah balok diangkat menggunakan auger silinder. Dalam metode ini, drum memiliki pelat silinder yang digerakkan oleh motor listrik. Ini adalah metode pengamplasan lain yang populer karena menawarkan proses pengamplasan yang lebih cepat. Juga tidak perlu melumasi blok saat beroperasi. Namun, mesin amplas manual masih disukai oleh sebagian pemilik rumah terutama yang lebih suka melakukannya sendiri. Sangat nyaman untuk menggunakan mesin pengamplasan karena bahan abrasif dapat dengan mudah diperoleh dari toko perangkat keras setempat.

Pertimbangan Memilih Mesin Amplas

Amplas

Memilih amplas merupakan kunci utama, memilih amplas yang salah dapat merusak atau menghancurkan proyek Anda. Amplas hadir dalam lembaran atau sebagai piringan amplas. Lihat kekasarannya yang mengacu pada angka partikel kasar pada setiap inci persegi dari kertas. Rentang ini antara 40 sampai 600. Amplas yang sangat kasar dapat digunakan untuk pekerjaan besar seperti mengelupas cat atau pernis dan untuk menghaluskan kayu. Kekasaran sedang sekitar 80 sampai 120 akan menghasilkan permukaan yang mulus dan menghilangkan ketidak sempurnaan. Sementara amplas dengan kekasaran yang sangat halus dapat menghilangkan goresan dan membantu menyiapkan kayu untuk dicat atau pewarnaan. Amplas dapat dipasang ke mesin amplas menggunakan penjepit, beberapa dioperasikan dengan tuas dan obeng.

Sistem Pengumpul Debu

Mesin amplas menghasilkan banyak debu, dan penting untuk memiliki cara yang baik dalam menyingkirkannya. Sistem pengumpul debu dapat mencakup kantung debu, tabung filter atau selang yang dipasang ke ruang hampa.

Pegangan yang Nyaman

Getaran yang berlebihan dan berkepanjangan dapat melelahkan dan mengakibatkan cidera. Sehingga penting untuk menggunakan mesin amplas dengan genggaman yang mantap. Pegangan lembut dapat mengurangi getaran. Jika memungkinkan, coba untuk menyalakan mesin amplas tangan sebelum membeli untuk mengetahui seberapa nyaman mesin itu untuk Anda.

Oke, sobat teknik semua…
Itulah informasi tentang Mesin Amplas: Pengertian, Fungsi, Jenis, Serta Cara Kerjanya
Semoga artikel ini memberikan manfaat ya, sob! Terimakasih, salam Jangka Sorong 🙂