√ Mesin Las Listrik Terbaik dan Tips Sebelum Membeli

Posted on

Hi, sobat teknik semua…

jangkasorong.co.id – Memilih Mesin Las terbaik merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Pengelasan merupakan salah satu kebutuhan indispensable di dalam bidang industri. Terutama untuk bidang industri yang material utamanya mengaplikasikan bahan logam, karena bisa dipastikan harus menerapkan Mesin Las untuk mengerjakan penyambungannya.

Akhir-akhir ini banyak sekali bermunculan macam-macam Mesin Las Listrik dari berbagai merk. Ada HARGA ada RUPA! mungkin ini lah yang menjadi peribahasa saya dalam memilih sebuah produk, tak terkecuali Mesin Las Listrik.

Mesin Las memiliki banyak jenis, ada yang model inverter atau portable dan ada juga yang berukuran besar. Sebelum kalian membeli sebuah Mesin Las, pastikan dahulu kesesuaian dengan kebutuhan kalian masing-masing. Bila berkeinginan mengelas plat-plat tipis maka tidak perlu membeli Mesin Las yang memiliki ampere besar. Sehingga, cukup memilih untuk menggunakan tipe yang mempunyai ampere kecil saja.

Artikel hari ini berisi informasi tentang Mesin Las Listrik dan beberapa Tips bagi kalian sebelum membeli Mesin Las Listrik.

Yuk kita simak bersama…

Mesin Las Listrik Terbaik dan Tips Sebelum Membeli

Mesin Las Listrik Terbaik dan Tips Sebelum Membeli
Mesin Las Listrik Terbaik dan Tips Sebelum Membeli

Mesin Las Listrik


Merk Mesin Las

  • ESAB
  • EWM
  • Kennedy
  • Krisbow
  • Lakoni
  • Lakoni Inverter
  • Multipro
  • Redbo
  • Rhino
  • TOMECO

Jenis Jenis Mesin Las Listrik

  • Mesin Las Ganda (AC DC)
    merupakan tipe yang umum diterapkan pada arus paralel (DC) dan arus bolak-balik (DC). Mesin las ini memiliki transformator 1 fasa dan 1 buah alat perata pada 1 unit mesin.
  • Mesin Las Arus Bolak-Balik (AC)
    merupakan tipe yang hanya bisa digunakan pada arus AC seperti listrik PLN dan generator AC.
  • Mesin Las Arus Paralel (DC)
    merupakan tipe yang hanya bisa digunakan pada arus DC atau arus paralel.

Jenis di atas merupakan beberapa jenis Mesin Las yang biasanya dijual di pasaran. Sehingga, untuk mendapatkannya pun pasti cukup mudah. Karena tidak hanya dijual secara offline, sejumlah situs belanja online sekarang biasa menyediakan.

Hal yang harus diperhatikan dalam membeli mesin las listrik yaitu berapa banyak jumlah konsumsi dayanya. Jangan sampai Anda membeli mesin las yang dayanya tidak sesuai dengan sumber listrik di tempat Anda. Jika sumber daya listrik yang digunakan yaitu genset, sebaiknya Anda membeli mesin las trafo dikarenakan lebih awet dan lebih tahan pada fluktuasi tegangan atau frekuensi yang berjalan pada genset.


Tips Memilih Mesin Las Terbaik

Lalu bila kalian menggunakan sumber daya listrik dari PLN, baiknya kalian membeli jenis inverter sebab lebih hemat daya listriknya. Mesin Las terbaik merupakan mesin las yang mempunyai Duty Cycle sampai dengan 100%, akan tetapi mesin yang seperti ini cukup susah ditemukan dipasaran. Bila pun ada, harganya pasti cukup mahal. Biasanya Mesin Las yang sering ditemui di pasaran umumnya memiliki Duty Cycle kisaran 30%-60% saja.

Pengertian Duty Cycle
Duty Cycle pengertiannya adalah Siklus kerja dari sebuah mesin las.
Di negara Eropa atau Amerika biasanya dipakai batasan waktu 10 Menit, Sementara di beberapa negara asia ada yang menggunakan batasan 5 menit.
Artinya, jika sebuah mesin las digunakan pada amp tertentu misal 250 Amp dan dipakai terus selama 10 menit masih tetap on, maka mesin las tersebut mempunyai Duty Cycle 100% pada 250 Amp.

Sedangkan WPS itu ibarat resep obat. Resep itu dibuat oleh dokter ahli yang ilmunya sudah diturunkan kepada murid2nya seperti Welding Engineer. Welding Engineer sudah diajari bagaimana membuat campuran obat yang sangat manjur, makanya salah satu caranya adalah dengan mengkualifikasi WPS tersebut. Nah bagaimana jika WPS sudah ada yang di approve oleh Welding Engineer, apakah sudah jaminan hasil welding pasti bagus?? Sudah pasti bagus selama semua persyaratan yang tercantum dalam WPS diikuti.

Satu hal yang paling penting dan paling vital yang harus dipertimbangkan ketika membeli Mesin Las yaitu “AFTER SALES SERVICE-nya”. Banyak merk-merk yang memberikan fasilitas garansi yang menarik akan tetapi kenyataannya untuk proses garansinya benar-benar susah maupun terlalu berbelit-belit. Jadi usahakan tanyakan secara detail kepada penjual mengenai proses after sales service.

3 Tips sebelum membeli Mesin Las Listrik


1. Budget

“Ada harga ada rupa”. Jika berbicara tentang budget atau jumlah banyaknya dana yang ada di kantong, angka teraman adalah Rp 1.000.000 (satu juta rupiah). Mengapa? Karena harga produk yang ada di pasaran dengan kualitas produk menengah ke bawah adalah kisaran 1 juta. Walaupun beberapa ada yang menawarkan harga di bawah 1 juta. Tetapi untuk jaminan kualitas dan garansi harus lebih diperhatikan dan biasanya barang yang dijual di bawah 1 juta adalah barang seken.


2. Durasi Pemakaian

Perhatikan durasi pemakaian, ya sob.
Maksudnya adalah, jika kalian ingin menggunakan mesin las dalam waktu kurang lebih 2-4 jam, maka pilihan yang tepat jatuh pada, Mesin las 900 watt yang sering digunakan dalam jangka waktu yang singkat. Tetapi sebaliknya jika kalian menggunakan mesin las nonstop atau  sehari full atau lebih dari 8 jam setiap harinya, maka untuk pemilihan mesin yang digunakan harus lebih baik. Saya anjurkan memilih jenis dengan daya 1500 watt keatas. Mesin dengan daya 1500 watt keatas jelas lebih tahan untuk digunakan berjam-jam.


3. Fitur Genset

Kendala bagi para Tukang Las atau pelaku jasa Las Listrik yakni bila di daerah yang akan dipasang tidak ada listrik, atau listrik yang ada di daerah tujuan tidak mencukupi (misal, perumahan yang hanya 450 watt). Solusinya jelas harus menggunakan Generator Set. Namun yang perlu diketahui yaitu tidak semua jenis Mesin Las listrik 900 watt menunjang penggunaan mengaplikasikan genset, mengingat voltase pada genset akan berubah naik turun dalam penggunaan pengelasan.

Dengan situasi seperti ini, jelas akan mempengaruhi komponen-komponen elektronik yang ada di dalam mesin trafo las listrik. Sebelum membeli Mesin Las apapun mereknya, harus kalian konsultasikan terlebih dahulu. Terlebih untuk Mesin Las listrik 900 watt, karena tidak semua mendukung dengan pemakain genset. Tetapi untuk mesin trafo inverter 1500 watt keatas biasanya telah menunjang pemakaian dengan Genset.

Mesin trafo las listrik dengan teknologi inverter 900 watt merupakan produk terbaik dengan harga yang sangat terjangkau bahkan telah menjadi pilihan paling favorit bagi para pengusaha bengkel las sebagai peralatan kerjanya. Meski dijual dengan harga murah, jenis mesin las listrik 900 watt ini tidak bisa dianggap murahan sebab selama ini telah benar-benar teruji kinerja kehandalannya untuk menjalankan berbagai variasi teknik pengelasan besi dan baja.

Selain itu untuk type ini juga sangat laris dipasaran karena dianggap paling ekonomis dalam konsumsi daya listrik serta mempunyai dimensi yang cukup ringan serta mudah dalam aplikasinya ketika digunakan pada lokasi di ketinggian maupun medan kerja kompleks lainnya.

Oke, sobat teknik semua…

Itulah beberapa informasi tentang Mesin Las Listrik Terbaik dan Tips Sebelum Membeli. Semoga artikel ini memberikan manfaat ya, sob! Terimakasih, salam Jangka Sorong 🙂